Seo On Page dan cara optimasinya ? Duh pasti untuk para sesepuh dan pro blogger sudah tau banget dong soal ini. Tapi bagi kamu yang masih pemula / pertama kalinya masuk kedunia onlen ini masih awam banget cuman ngerti facebook, twitter, instagram, dll. Belum lagi baru banget nge-BLOG ? pasti bertanya-tanya banget kan tuh apa sih Seo On Page ? dan cara optimasinya itu terhadap website / blog kita. Yuk disimak mumpung admin belajaronlen juga masih newbie dan belajar untuk tekun *ulalauyee parampam..

Seo On Page itu adalah indikator awal dari si mesin pencari seperti google, yahoo search dan bing me-RANGKING suatu website/situs didalam mesin pencari mereka tersebut. Hmm.. jika beberapa website/situs tersebut itu telah memiliki Seo On Page yang bagus banget , otomatis website tersebut sudah tinggal siap-siap untuk berada pada urutan pejwan (page one) atau menjadi top 10 di dalam mesin pencari.

Mungkin kalian pernah juga kan sedang mencari sesuatu dengan keyword tertentu dan melihat dalam urutan pertama itu terdapat banyak website ? ada yang diatas dan urutan paling bawah ? nah mereka lah yang memiliki Seo On Page yang bagus maka dari itu mesin pencari membuat website mereka muncul pada halaman pertama dalam suatu keyword tertentu.

Cara optimasinya ?

Sebenernya sih gampang-gampang susah loh yang untuk optimasi Seo On Page ini tapi kalau sudah paham banget dan pake banget lagi pasti sudah bakal jago deh. Hihihi..
Perlu kamu tau ya, konten berkualitas didalam website pasti punya dua faktor penting loh, pertama; permintaan/request dari pembaca yang dipenuhi oleh penulis website tersebut dan link/tautan (Internal Link & Eksternal Link yang berupa Anchor Text). Jadi yuk langsung dah gan kita bahas gimana cara optimasinya;

Tag Judul ( Seo Title Tag )

Optimasi yang pertama, Tag judul (Title Tag) sangat bermanfaat banget loh, kenapa? Karna bermanfaat buat konten yang kita miliki dengan cara meletakkan keyword (kata kunci/judul) di awal, di tengah dan akhir artikel.

Meta Deskripsi (SEO Meta Description)

Optimasi yang kedua, Meta Deskripsi di dalam postingan itu sangat penting juga karna membantu mesin pencari mengenali target kita. Caranya hanya memasukkan kata kunci (keyword) kita dalam meta deskripsi dan saran sih 150-180 karakter ya.

URL Website ( SEO Permalink )

Url/Permalink adalah link atau alamat permanen artikel website kamu. Nah khusus untuk ini menurut pakar dan sudah teruji di badan penelitian website ane sendiri kebanyakkan Permalink pada suatu konten website itu cuman terdiri 5-6 kata loh contohnya ya artikel yang lagi saya bahas ini. Kenapa ? karna kalo panjang udah mirip kereta terus kualitas SEO nya pun bakal turun.

Baca Juga : SEO OFF PAGE DAN CARA OPTIMASINYA

Heading Tag (H1,H2,H3, H4, dll)

Nah Optimasi yang ketiga, supaya konten judul di website kita lebih dan lebiiihh seo on page banget, kita harus menggunakan keyword (kata kunci) di tiap judul artikel/konten website. Jadi di homepage website kita itu adalah TagH1 (nama website) tetapi ketika pengunjung website sedang membaca artikel, judul artikel/konten tersebut menjadi TagH1.Ohiya TagH1 harus satu aja ya dalam satu artikel jadi sisanya itu TagH2,H3,H4, dll. Tapi jika kamu bingung dan gausah khawatir ya, Jaman Now ini cuman tinggal cari aja template/theme website yang sudah Seo Friendly dan Responsive, entah itu premium (berbayar) dan yang gratis (Free).

Optimasi Gambar

Optimasi yang keEmpat, ternyata optimasi gambar juga sangat banget lebih berpengaruh banget loh kawan!, kenapa? Karna SERP (Search Engine Result Page) membantu artikel/konten website kita lebih cepat terindex di mesin pencari. So.. jadilah penulis yang bener-bener jujur ya ? kasih gambar yang sesuai dengan isi artikel kita & jangan bohong karna itu gak berkah bro!

Caranya kamu harus isi title text & alt text di image propeties di dalam konten/artikel tersebut, Ohiya saran saya untuk memasukkan keyword aja dan minimal 2 gambar dalam satu artikel dan maksimalnya seterah deh mau berapa tergantung tentang apa konten kalian tersebut, jangan lupa juga ukuran gambar lebih baik dikompress terlebih dahulu atau bisa dalam format .PNG karna memiliki size lebih kecil pada gambar itu akan membuat loading page makin cepet melebihi the flash hehe..

Konten/Artikel Harus Berkualitas

Optimasi yang keLima, ini sebenarnya sih rahasia umum ya dan gampang banget tetapi banyak orang-orang diluar sana males untuk melakukan jadi banyak yang dirugiin. Kenapa ? karna mereka tidak menulis dengan passionnya dan kreasinya sendiri malah mengambil dari hasil karya orang lain! Kan miris toh ?

Lantas gimana sih kita melakukan itu ? ya caranya tetap percaya pada diri sendiri dalam membuat konten tersebut. Sebelum membuat, ada baiknya kita membaca-baca terlebih dahulu konten yang akan kita tulis seperti apa dan tentang apa, cari referensi dan rangkum itu dengan gaya kita sendiri atau kalo ada lagi bisa kita tambahin (disini nilai plusnya). Asalkan konten yang kita tuliskan untuk pembaca website itu jelas, padat, dan seterah mau panjang atau pendek (minimal 350 kata), yang penting menarik minta pengunjung untuk membacanya sampai selesai.

Wokeh kawan, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel yang admin gak ganteng ini buat, tentang Seo On Page dan cara optimasinya. Jika ada salah kata atau salah ucap dan typo mohon dimaapkeun, da urang mah ngan manusia biasa , tiasa salah wae huhu..

Jika tulisan saya bagus dan jelas, silahkan sebarkan ya kita sama-sama belajaronlen ^_^
Hatur nuhun..